Kamis, 22 September 2016

MASJID AR-FACHRUDDIN DAN SPBU UMM

Masjid Ar-Fachruddin

Ada yang tau nama masjid yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang??. Pasti para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang sudah tak asing lagi dengan masjid ini. Iyaaap, nama masjid di Universitas Muhammadiyah Malang adalah Masjid Ar-Fachruddin. Masjid yang disebut-sebut sebagai masjid termegah se-Asia Tenggara ini berada di kampus 3. Tepatnya di Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur

Masjid ini merupakan salah satu bukti perwujudan visi Universitas Muhammadiyah Malang. Sebagai sebuah universitas terkemuka, Universitas Muhammadiyah Malang memiliki misi Menjadikan Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam. Tak hanya sebagai bangunan, Masjid Ar-Fachruddin ini juga menunjukkan betapa agama sangat di junjung di universitas ini. Tak hanya megah, masjid inipun tak pernah sepi. Setiap saat masjid ini selalu ramai. Entah ada sholat 5 waktu berjamaah, sholat dhuha maupun yang lain. Hal ini membuat menunjukkan betapa nilai-nilai agama sangat di junjung oleh mahasiswa beserta dosen dan staf Universitas Muhammadiyah Malang.

Menurut data yang tercatat, Masjid Ar-Fachruddin yang memiliki 5 lantai ini dibangun bulan November 1994 dan selesai pada September 1996. Hal ini berarti Masjid Ar-Fachruddin dibangun selama 23 bulan. Adapun luas bangunan Masjid Ar-Fachruddin adalah 14.834,70 meter persegi. Sedangkan luas lantai I adalah 2. 706,20 meter persegi. Luas lantai II adalah : 2.900 meter persegi. Luas lantai III adalah 3.197 meter persegi. Luas lantai IV adalah 1.642,75 meter persegi. Dan luas lantai V adalah 2.746 meter persegi. Maka dengan luasnya dan megahnya Masjid Ar-Fachruddin ini pantaslah disebut-sebut sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara.


SPBU UMM
Hallo pembaca. Ada yang tau apa itu SPBU?. SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Nah kali ini aku akan menjelaskan tentang SPBU. Eiiitzz.. tapi ada yang berbeda dari SPBU ini. Karena SPBU ini adalah milik Universitas Muhammadiyah Malang. 
SPBU Universitas Muhammadiyah Malang ini terletak di sebelah barat Masjid Ar-Fachruddin, tepatnya disebelah kiri pintu keluar barat Kampus III UMM. Pembangunan SPBU ini bertujuan untuk mengembangkan profit center untuk mendukung finansial selain biaya dari mahasiswa. Jadi SPBU ini menjadi salah satu bidang usaha UMM. Sama seperti SPBU lainnya, SPBU milik UMM ini bahkan dilengkapi cafeteria dan resting area. Cafeteria dan resting area berada di lantai dasar SPBU UMM.

Salah satu faktor yang menyebabkan Universitas Muhammadiyah Malang berinovasi mendirikan SPBU adalah jumlah kebutuhan bahan bakar minyak oleh para mahasiswa, dosen dan staf Universitas Muhammadiyah Malang. Jika dihitung jumlah mahasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang adalah sekitar 30.000 orang. Dari banyaknya mahasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang banyak yang memakai kendaraan bermotor. Tak hanya mahasiswa, dosen dan staff Universitas Muhammadiyah Malang pun banyak yang memakai kendaraan bermotor. Melihat banyaknya permintaan akan bahan bakar minyak, akhirnya Universitas Muhammadiyah Malang membangun sebuah SPBU. Bagi yang bukan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang tak perlu risau, karena bahan bakar minyak yang tersedia tak hanya untuk mahasiswa, dosen dan staff Universitas Muhammadiyah Malang, namun juga untuk masyarakat umum yang membutuhkan. Petugas akan bertugas secara profesional untuk memberi pelayanan yang terbaik untuk pembel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar