Kamis, 22 September 2016

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI



Dewasa ini perkembangan teknologi benar-benar luarbiasa bahkan dampaknya mampu mendekatkan orang-orang yang berjarak puluhan mil bahkan sampai ke seluruh dunia. Perkembangan yang pesat ini tentu saja harus disambut positif oleh para generasi muda. Namun tentu saa sebagai generasi yang cerdas kita selayaknya mampu menyaring perkembangan teknologi yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan moral serta agama yang dianut karena sejatinya perkembangan teknologi yang pesat ini tak hanya memberi dampak positif bagi kita semua namun juga akan membawa dampak negatif.
 
Di era yang serba modern ini pasti banyak keuntungan yang bisa kita peroleh, diantaranya :
·         Kecepatan akses berbagai berita dan informasi dari seluruh penjuru dunia

  1.  Efisiensi waktu 
  2.  Kemudahan untuk berkomunikasi dengan pihak lain walaupun jaraknya berjauhan 
  3. Kemudahan dalam bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan

Namun sayangnya setiap ada kelebihan maka akan selalu ada kekurangan, setiap adadampak positif pasti akan ada dampak negatif. Adapun dampak negatif internet diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Beredar luasnya pornografi sehingga menimbulkan banyaknya tindakan asusila 
  2. Banyaknya kasus penipuan melalui internet 
  3.  Adanya kasus pencurian kartu kredit dengan cara membajak kartu kredit tersebut dan mencatat kode kartu kredit korban
  4. Perjudian online yang semakin merajalela 
  5.  Kecanduan game online

·         Hilangnya budaya membaca buku karena siswa siswi lebih suka langsung mengcopy pekerjaan lewat internet. Mereka beralasan hal itu adalah untuk memenuhi tugas dengan cepat namun nyatanya apa yang dilakukan oleh siswa siswi tersebut adalah ingin kerja instan.
Dari banyaknya dampak negatif dan positif dari internet, diharapkan kita selaku generasi muda mampu berpikir dan bertindak secara bijak dalam penggunaan internet. Gunakan internet seefisien dan sesuai keperluan saja. Mengenal teknologi boleh, tapi jangan terlalu kecanduan.  Karena sejatinya selain kita harus mengikuti perkembangan jaman dan teknologi, kita juga harus menjaga diri kita dari dampak buruk teknologi. Agar kita tetap bisa disebut sebagai manusia yang bermoral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar