Kamis, 22 September 2016

SERBA SERBI TEKNIK INDUSTRI



Sejarah Teknik Industri
Pada dasarnya teknik industri sudah lahir sejak jaman Pra Yunani Kuno. Pada masa itu manusia menggunakan batu dan tulang sebagai peralatan kerjanya. Meskipun demikian, disiplin teknik industri mulai dikenal pada 1970-an saat revolusi industri di Inggris. Frederic W. Taylor merupakan anggota dari The American Society of Mechanical Engineers (ASME) dikenal sebagai Bapak Teknik Industri dimana konsep-konsepnya banyak dipengaruhi oleh Towne tahun 1874.revolusi ini juga melahirkan penemuan-penemuan baru di bidang kelistrikan misalnya saja Samuel Morse yang berjasa dalam pembuatan telegram dll.


Serba Serbi Teknik Industri

Teknik industri adalah suatu teknik yang mencakup bidang desain, perbaikan dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi. Teknik Industri biasa disebut sebagai Teknik Produksi maupun Manufaktur. Teknik Industri pada dasarnya adalah turunan dari Teknik Mesin. Namun berbeda dari teknik mesin yang hanya mempelajari tentang mesin, teknik industri merupakan disiplin ilmu interdisipliner yang mempelajari beberapa macam hal misalnya saja mempelajari tentang social, science, mechanical, dan engineering. Hal ini tentu saja membuat Teknik Industri menjadi salah satu jurusan yang unik. Namun karena banyaknya hal yang dipelajari oleh mahasiswa Teknik Industri, banyak orang yang merasa bingung apakah keunggulan orang-orang yang bergelut di bidang Teknik Industri. Maka jawabannya adalah keunggulan tersebut akan terlihat apabila orang-orang yang bergelut di dunia Teknik Industi mampu menyatukan berbagai lmu agar terintegrasi.

Prospek Kerja Teknik Industri
Mungkin banyak orang yang mempertanyakan apakah prospek kerja dari Teknik Industri itu sendiri. Karena banyak hal yang dipelajari di Teknik Industri maka pada dasarnya prospek kerja di Teknik Industri sangatlah luas, diantaranya:

  1. Bidang produksi dan pangan sebagai perencana dan pengendali produksi, pengendali kualitas, pengembangan system manajemen kualitas 
  2.  Sistem informasi. Posisi yang diduduki lulusan Teknik Industri misalnya staf IT, staf dalam pemasangan sistem informasi, dll. 
  3.  Pemasaran. Posisi yang diduduki lulusan Teknik Industri misalnya Market Research, Technical Sales, dll. 
  4.  Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia mulai dari rekrutmen, pengembangan sistem penggajian dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan. 
  5. Bidang konsultasi manajemenyang berperan dalam perencanaan suatu pengelolaan.

Hal-hal diatas merupakan secuil penjelasan mengenai apa itu Teknik Industri.  Semoga bermanfaat. Mau tau lebih banyak mengenai apa itu Teknik Industri?. Ingin tau seasyik apa masuk jurusan teknik industri?. Yuk gabung aja ke Jurusan Teknik Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar